Sejarah Dan Perkembangan Komputer



SEJARAH DAN PERKEMBANGAN KOMPUTER
A.SEJARAH KOMPUTER
Sejak jaman kuno,manusia telah menggunakan bilangan  bahkan suku suku paling primitif telah melakukan perhitungan rumit yang di lakukan utuk pertaniaan ,perniagaan dan nafigasi. Alat untuk mempermudah penghitungan  masa itu  dimulai dari batu penghitung dari jaman prasejarah  dan meninkat maju.
Abakus
Salah satu alat yang paling awal yang di gunakan untuk menghitung. Asal abakus tidak dapat ditunjukan  dengan tepat. Alat ini di kenal sejak jaman yunani kuno,pertama tama abakus berupa sebuah permukan pasir ,sabak lilin, aau batu besar.dan kerikil yang di gunakan sebagay alat penghitung.orang romawi  menyebut kerikil semacam calculusi dari situ berasal kata kalkulasi

Paskalin
Pada tahun 1642 pada usia 19 th blaise paskal (1623-1662) menemukan mesin penjumlah mekanis pertama digunakan untuk membantu ayah nya   dalam   perhitungan pajak.paskalin di kenal sebagai messin penjumlah dan pengrang pertama .




joseph marie jaquard
Pada thun1801 joseph marie jaquard dari perancis  mengembangkan mesin yang pola tenunya  disimpan mengunakan kartu dari kayu yang berlubang , penemuan ini mendapat  perlawanan dari para buruh dan inilah terbentuk nya aksi buruh pertama di dunia,yang merusak mesin tenun ciptaan nya ,namu pada tahun 1812 muncul ribuan mesin tenun ciptaan jacquard  yang hinga saaat ini masih di gunakan
.

charles babage
Pada tahun jauh sebelum tiba abad elektronik,  charles babage (1791-1871) seorang ahli matematika dari inggris sudah begitu dekat dengan penemu an fungsi fungsi  komputer  sehinga sekarang ia dikenal sebagai bapak komputer.


Herman hollerith
 Herman hollerith (1860-1929) adalah orang pertama yang membangun pemrosesan data tujuannya adalah untuk  menghitung dan menjumlah tahun 1890 di amerika serikat pada akhir abad 18 mendirikan perusahan perusahan tabutating makine compas. 
Previous
Next Post »