Kamis, 30 Oktober 2014

Cara Menambah Kapasitas RAM Android

Cara Terbaru Menambah Kapasitas RAM Android Dengan Mudah

 Pertama-tama perlu saya tekankan bahwa pada dasarnya menambah kapasitas RAM internal Android itu tidak bisa. Menambah kapasitas RAM Android bukan berarti mengganti RAM internal yang sudah ada.



Itu sangat mustahil, kecuali jika Anda percaya dengan Project Ara. Jadi, jika RAM internal Android Anda misal hanya 512MB, tidak bisa Anda minta dinaikkan ke 1GB dan seterusnya.
Info lebih lanjut, baca Apakah RAM Android Bisa Ditambah Atau Dinaikkan?
Menambah RAM di Android prinsipnya membuat virtual memory. Bisa melalui Swap File, Swap Partition (Linux Swap), ataupun ZRAM. Fungsi dari virtual memory sendiri yaitu sebagai RAM bayangan yang mampu membantu kinerja RAM internal.

Perbedaan metode dalam membuat virtual memory :


  1. Swap File : Membuat virtual memory dengan memanfaatkan file yang tersimpan didalam SD Card sebagai media swap
  2. Swap Partition : Membuat virtual memory dengan media partisi SD Card. Memory eksternal Anda akan di partisi ulang menjadi dua atau tiga bagian, pada partisi terakhir menggunakan Linux Swap sebagai system nya
  3. ZRAM : Membuat virtual memory dengan RAM internal. Sebagian space RAM internal Anda akan di potong dan dimanfaatkan sebagai virtual memory, semakin besar kapasitas ZRAM semakin habis pula space RAM internal Android Anda

Jika Anda berpikir bahwa RAM script atau tweak berfungsi menambah RAM Android, itu salah. RAM script merupakan script biasa pada umumnya, dibangun menggunakan bahasa C yang berguna hanya mengoptimalkan pemakaian RAM Android itu sendiri.

Virtual memory Android tidak perlu dibuat terlalu besar karena pada dasarnya seluruh proses yang berjalan tetap bertumpu pada RAM internal. Maksimal 256MB sudah cukup. Virtual memory 1GB tidak akan berpengaruh sama sekali terhadap kinerja Android Anda.

Berikut ini cara ampuh menambah kapasitas RAM Android. Bagi Anda yang mempunyai handheld dengan spesifikasi yang kurang, referensi berikut layak untuk Anda terapkan.

Jika Anda bingung dengan apa yang akan Anda lakukan, baca Apakah Menambah RAM di Android itu Perlu?

Install Swapper for Root

Install Swapper for Root untuk menambah virtual memory yang berfungsi menambah RAM Android. Swapper for Root tidak memerlukan partisi pada SD Card melainkan aplikasi ini menggunakan space memori eksternal untuk menyimpan swap file.

  • Pastikan Android Anda sudah dalam keadaan rooted
  • Download Swapper for Root kemudian install
  • Buka Swapper
  • Centang active swap on boot
  • Pilih SD Card FAT Partition pada Swap File Partition
  • Isi value dengan kapasitas swap RAM yang Anda kehendaki
  • Besar kapasitas swap RAM tergantung dengan besar free space memori eksternal
  • Save
  • Tunggu hingga swap file selesai dibuat
  • Reboot perangkat Android Anda

Install SD-Booster

Fungsi SD-Booster menaikkan kecepatan SD Card dalam membaca atau menulis data (R/W). Prinsipnya sama halnya dengan overclock, namun ini bukanlah CPU melainkan SD Card.

  • Pastikan Android Anda sudah dalam keadaan rooted
  • Download SD-Booster kemudian install
  • Buka SD-Booster
  • Isi cache size antara 1 hingga 8192, disarankan 1024 atau 2048
  • Tekan gambar centang hijau

Pasang Juwe RAM Script

Juwe RAM Script merupakan script pengatur RAM terbaik di Android. Script ini dapat mengoptimalkan performa, mempercepat kinerja Android dan mampu menghilangkan lag.

Meski sekarang Juwe RAM Script sudah di aplikasikan / sudah ditanam di aplikasi RAM Manager, namun tidak bisa dipungkiri Juwe RAM Script dapat menyeimbangkan penggunaan RAM, multitastking, lag, dimana Anda akan tetap mendapatkan cukup banyak free memory jika menggunakan RAM script ini.

Cara install Juwe RAM Script melalui CWM Recovery


  1. Pastikan CWM Recovery sudah terinstall di perangkat Android Anda
  2. *Referensi install CWM Recovery bisa di cari di search engine
  3. Download Juwe RAM Script, simpan di SD Card, taruh dibagian luar
  4. Buka CWM Recovery Anda
  5. Pilih install zip from sd card
  6. Arahkan ke Juwe RAM Script
  7. Install

Cara install Juwe RAM Script secara manual


  1. Pastikan Android Anda sudah dalam keadaan rooted
  2. Pastikan init.d sudah aktif. Jika belum, baca Cara Mengaktifkan init.d Pada Android Tanpa Ganti Kernel
  3. *Peringatan! Folder init.d tidak bisa dibuat hanya dengan membuat folder yang diberi nama init.d secara manual. Folder init.d terhubung dengan system. Jika Anda asal membuat folder init.d, itu tidak akan berfungsi
  4. Download Juwe RAM Script dari link diatas
  5. Ekstrak file tersebut, ambil file bernama S97ramscript didalam folder /system/etc/init.d
  6. Pindahkan file tersebut ke folder /system/etc/init.d menggunakan file manager yang mendukung akses root seperti Root Explorer
  7. Rubah permissionnya menjadi rwxr-xr-x
  8. Reboot perangkat Android Anda
  9. Optional selain memasang Juwe RAM Script 
  10. Jika cara diatas rumit bagi Anda atau jika Anda menginginkan cara yang lebih praktis, silahkan unduh aplikasi RAM Manager. Tersedia untuk versi FREE dan PRO.


RAM Manager memiliki kemampuan yang lebih dibanding Juwe RAM Script. RAM Manager juga masih mengadopsi fitur-fitur yang ditawarkan Juwe RAM Script. Hanya saja, selain sudah menggunakan interface yang baik, terdapat beraneka macam pilihan (preset) seperti Balance, Hard multitasking, hingga Hard gaming yang mana tiap preset tersebut memberikan efek yang berbeda-beda dan cocok dipakai di segala kebutuhan.

Kamis, 23 Oktober 2014

PENGERTIAN MACAM MACAM TOPOLOGI JARINGAN KOMPUTER

Pengertian, macam-macam topologi jaringan komputer ~ Saat ini sudah banyak sekali pengguna perangkat topologi jaringan komputer, terutama di perkantoran dan sebagainya. Penggunaannya sangat membantu upaya mempermudah akses suatu data ke server secara bersamaan. Hal inilah yang merupakan alasan utama pembentukan topologi jaringan komputer tersebut. Dan seiring dengan perkembangan jaringan maka berkembang pula macam-macam topologi jaringan komputer tersebut.

Pengertian topologi jaringan komputer

Pengertian topologi jaringan adalah suatu tehnik untuk menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya yang merangkai menjadi sebuah jaringan, dimana penggunaan topologi jaringan didasarkan pada biaya, kecepatan akses data, ukuran maupun tingkat konektivitas yang akan mempengaruhi kualitas maupun efiensi suatu jaringan.

Ada bermacam macam topologi jaringan komputer yang banyak di gunakan saat ini antara lain adalah Topologi Bus, Topologi Ring, Topologi Star, Topologi Mesh, Topologi Linear, masing-masing jenis topologi ini mempunyai kelebihan dan kekurangannnya sendiri.

Macam-macam topologi jaringan komputer

1. Topologi Bus
topologi bus

Jenis topologi bus ini menggunakan kabel tunggal, seluruh komputer saling berhubungan secara langsung hanya menggunakan satu kabel saja. Kabel yang menghubungkan jaringan ini adalah kabel koaksial dan dilekatkan menggunakan T-Connector. Untuk memaksimalkan penggunaan jaringan ini sebaiknya menggunakan kabel Fiber Optic karena kestabilan resistensi sehingga dapat mengirimkan data lebih baik.

Kelebihan Topologi Bus :
1. Mudah untuk dikembangkan
2. Tidak memerlukan kabel yang banyak
3. Hemat biaya pemasangan

Kelemahan topologi bus :
1. Tidak stabil, jika salah satu komputer terganggu maka jaringan akan terganggu
2. Tingkat deteksi kesalahan sangat kecil
3. Sulit mencari gangguan pada jaringan
3. Tingkat lalu lintas tinggi / sering terjadi antrian data
4. Untuk jarak jauh diperlukan repeater

2.Topologi Ring
topologi ring


Jenis topologi ring ini, seluruh komputer dihubungkan menjadi satu membentuk lingkaran (ring) yang tertutup dan dibantu oleh Token, Token berisi informasi yang berasal dari komputer sumber yang akan memeriksa apakah informasi tersebut digunakan oleh titik yang bersangkutan, jika ada maka token akan memberikan data yang diminta oleh titik jaringan dan menuju ke titik berikutnya. seluruh komputer akan menerima setiap signal informasi yang mengalir, informasi akan diterima jika memang sudah sesuai dengan alamat yang dituju, dan signal informasi akan diabaikan jika bukan merupakan alamatnya sendiri. Dengan kata lain proses ini akan berlanjut terus hingga sinyal data diterima ditujuan.

Kelebihan :
1. Tidak menggunakan banyak kabel
2. Tingkat kerumitan pemasangan rendah
3. Mudah instalasi
4. Tidak akan terjadi tabrak data
5. Mudah dirancang

Kekurangan :
1. peka kesalahan jaringan
2. Sulit untuk dikembangkan
3. Jika salah satu titik jaringan terganggu maka seluruh komunikasi data dapat terganggu

3. Topologi Star
topologi star

Pada topologi jenis star ini, setiap komputer langsung dihubungkan menggunakan Hub, dimana fungsi dari Hub ini adalah sebagai pengatur lalu lintas seluruh komputer yang terhubung. Karena menggunakan proses pengiriman dan penerimaan informasi secara langsung inilah yang menyebabkan biaya pemasangannya juga tinggi.

Kelebihan :
1. Deteksi kesalahan mudah dilakukan
2. Perubahan stasiun mudah dilakukan dan tidak mengganggu jaringan lain
3. Mudah melakukan control
4. Tingkat keamanan tinggi
5. Paling fleksibel

Kekurangan :
1. Menggunakan banyak kabel
2. Ada kemungkinan akan terjadi tabrakan data sehingga dapat menyebabkan jaringan lambat
3. Jaringan sangat tergantung kepada terminal pusat
4. Jaingan memakan biaya tinggi
5. Jika titik komputer pusat terjadi gangguan maka terganggu pula seluruh jaringan


4. Topologi Tree
topologi tree

Topologi tree ini merupakan hasil pengembangan dari topologi star dan topologi bus yang terdiri dari kumpulan topologi star dan dihubungkan dengan 1 topologi bus. Topologi tree biasanya disebut juga topologi jaringan bertingkat dan digunakan interkoneksi antar sentral.
Pada jaringan ini memiliki beberapa tingkatan simpul yang ditetapkan dengan suatu hirarki, gambarannya adalah semakin tinggi kedudukannya maka semakin tinggi pula hirarki-nya. Setiap simpul yang memiliki kedudukan tinggi dapat mengatur simpul yang memiliki kedudukan yang rendah. Data dikirim dari pusat simpul kemudian bergerak menuju simpul rendah dan menuju ke simpul yang lebih tinggi terlebih dahulu.
Topologi tree ini memiliki kelebihan dan kelemahan yang sama dengan topologi star antara lain :

Kelebihan :
1. Deteksi kesalahan mudah dilakukan
2/ Perubahan bentuk suatu kelompok mudah dilakukan dan tidak mengganggu jaringan lain
3. Mudah melakukan control

Kekurangan :
1. Menggunakan banyak kabel
2. Sering terjadi tabrakan data
3. Jika simpul yang lebih tinggi rusak maka simpul yang lebih rendah akan terganggu juga
4. Cara kerja lambat

5.Topologi  Mesh / Jala
topologi mesh

Topologi Mesh merupakan rangkaian jaringan yang saling terhubung secara mutlak dimana setiap perangkat komputer akan terhubung secara langsung ke setiap titik perangkat lainnya. Setiap titik komputer akan mempunyai titik yang siap untuk berkomunikasi secara langsung dengan titik perangkat komputer lain yang menjadi tujuannya.

Kelebihan :
1. Dinamis dalam memperbaiki setiap kerusakan titik jaringan komputer
2. Data langsung dikirimkan ke tujuan tanpa harus melalui komputer lain
3. Data lebih cepat proses pengiriman data
4. Jika terjadi kerusakan pada salah satu komputer tidak akan mengganggu komputer lainnya

Kekurangan :
1. Biaya untuk memasangnya sangat besar.
2. Perlu banyak kabel
3. Perlu banyak port I/O , setiap komputer diperlukan n-1 port I/O dan sebanyak n(n-1)/2 koneksi. Misalnya ada 4 komputer maka diperlukan kabel koneksi sebanyak 4(4-1)/2 =6 kabel dan memerlukan 4-1 = 3 port.
4. Proses instalasi sulit dan rumit

6. Topologi linear
topologi linear

Topologi ini merupakan perluasan dari dari topologi bus dimana kabel utama harus dihubungkan ke tiap titik komputer menggunakan T-connector. Topologi tipe ini merupakan jenis yang sederhana menggunakan kabel RG-58.

Kelebihan :
1. Sederhana jaringannya
2. Hemat kabel
3. Mudah untuk dikembangkan

Kekurangan :
1. Deteksi kesalahan sangat kecil
2. Keamanan kurang terjamin
3. Lalu lintas data tinggi
4. Kecepatan transfer tergantung kepada jumlah pengguna, kecepatan turun jika jumlah pemakai bertambah

Demikianlah artikel pengertian macam-macam topologi jaringan komputer, semoga dapat memberikan manfaat, salam belajar menjadi blogger